meteorologi yang berguna,,,,,,,,,,,,,,!!!

Di masa yang lalu orang memprakiran cuaca banyak menggunakan naluriah,,,,, ada yang menggunakan ilmu perbintangan sebagai tanda cuaca,,,,, ada mengunakan ilmu hewani untuk mengetahui keadaan cuaca,,,,, ada yang hanya kasat mata dalam menentukan cuaca,,,,,, hal itu boleh - boleh saja,,, untuk di ingat cuaca adalah hal yang sangat perlu dipelajari dan dipahami,,oleh siapapun,,,,,karna cuaca itu penting!!!!!!

Cari info lain :

Selasa, 13 April 2010

Prediksi iklim 2010

Prediksi iklim 2010 dapat dijelaskan dalam beberapa poin. Pertama, El Nino sedang dan lemah akan terjadi hingga Juli 2010 (Model BOM, Australia). El Nino kuat hingga sedang akan terjadi hingga Februari 2010 dengan peluang sebesar 98 persen (Model IRI, Columbia). Kondisi ini akan memberikan efek pada tidak adanya hujan yang cukup di wilayah Indonesia bagian timur pada 2010.
Kedua, suhu permukaan laut di Samudra Hindia akan berada dalam kondisi normal hingga pertengahan 2010. Hal ini menunjukkan pembentukan awan yang berasal dari Samudra Hindia akan tetap banyak terjadi dan memengaruhi pola hujan di wilayah Indonesia, terutama Indonesia bagian barat.
Ketiga, pada Februari mendatang angin monsun barat laut akan bertiup semakin kuat di sebagian besar wilayah Indonesia sehingga hujan secara sporadis akan melanda sebagian besar wilayah Indonesia, terutama di bagian barat dan selatan. Monsun barat laut yang bersifat lembap dan berangin ini berasal dari benua Asia yang saat ini sedang mengalami musim dingin.
Di sebagian Cina dan Korea bahkan terjadi badai salju yang memburuk sejak awal Januari. Kondisi ini membuat angin monsun barat laut yang terjadi di wilayah Indonesia bertiup dengan kekuatan yang semakin besar tetapi tidak stabil sehingga berpengaruh pada cuaca di Indonesia akhir-akhir ini yang didominasi hujan besar dan angin yang kuat (puting beliung).

Tulisan ini dimuat di Pikiran Rakyat, 21 Januari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar